Minggu, 22 Januari 2017

Manfaat ASI Ekskusif Dibanding Susu Formula Bagi Ibu dan Anak

ASI atau Air Susu Ibu merupakan minuman wajib untuk setiap bayi yang baru lahir. Pemberian ASI yang eksklusif pada bayi dapat memberikan manfaat yang sangat banyak baik untuk ibu maupun bayi. Namun sayangnya, banyak orang tua yang belum sadar akan pentingnya pemberian ASI untuk anaknya. Padahal, manfaat ASI eksklusif sangat banyak sekali, baik dilihat dari segi ekonomi maupun segi kesehatan Ibu dan anaknya. Sebelum membahas mengenai manfaat ASI, sebaiknya Anda mengenali jenis ASI yang berguna untuk mendukung pemberian ASI eksklusif. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jenis ASI dan manfaatnya untuk bayi.



1.Kolostrum
Yang pertama adalah kolostrum. Kolostrum merupakan cairan yang berwarna kekuning-kuningan. Biasanya kolostrum akan diproduksi secara alami di dalam tubuh pada hari ke 1 hingga ke 3. Kolostrum sendiri kaya akan protein yang berfungsi untuk membentuk antibodi guna tubuh terhindar dari penyakit. Dan bahkan kolostrum seringkal disebut sebagai imunisasi alami untuk bayi yang baru lahir.
2. Susu Transisi
Jenis ASI yang satu ini diproduksi setelah kolostrum, yaitu pada hari ke 4 hingga 10 setelah lelahiran bayi. Pada susu transisi terdapat immunoglobin protein dan laktosa dengan konsentrasi yang rendah dari pada kolostrum. Akan tetapi susu transisi memiliki jumlah kalori dan kandungan lemak yang tinggi. Jika dibandingkan dengan susu kolostrum, susu transisi memiliki warna yang lebih putih seperti susu pada umumnya.
3. Susu Matur
Susu matur merupakan jenis ASI yang keluar setelah 10 hari dan hari seterusnya setelah kelahiran. Susu matur memiliki warna putih yang kental. Komposisi utama dari susu matur ini adalah lemak dan karbohidrat.

Khasuat ASI Eksklusif Bagi Ibu dan Anak

Pemberian ASI yang eksklusif pada bayi akan memberikan manfaat bagi ibu dan bayinya. Bayi yang diberi ASI eksklusif akan terhindar dari kematian bayi. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskanmanfaat ASI.
1. Meningkatkan kecerdasan
Manfaat pemberian ASI pada bayi yang paling utama yaitu dapat meningkatkan kecerdasan anak. Tidak hanya kecerdasan otak saja, tapi ASI juga dapat meningkatkan kecerdasan mental anak. Di dalam ASI terdapat zat yang tidak bisa ditemukan pada susu manapun ataupun makanan apapun.
Zat khusus inilah yang dapat meningkatkan kecerdasan. Bisa dilihat anak yang diberi ASI secara eksklusif sangat berbeda dengan anak yang hanya diberikan susu formula biasa.
2. Menambah kekebalan tubuh bayi
Manfaat pemberian ASI eksklusif yaitu dapat meningkatkan kekebalan pada bayi. Manfaat ASI dibanding susu formula yaitu ASI bisa menambah sistem imun atau kekebalan pada tubuh bayi.
Bayi yang hanya diberi susu formula kekebalan tubuhnya akan sangat kurang. Hal ini tentu bisa dibandingkan bayi yang hanya diberi susu formula akan mudah terserang penyakit.
3. Lebih terjamin mutunya
ASI juga sudah terjamin mutunya. Selain itu, ASI keluar langsung dari tubuh ibu dan tidak terkontaminasi oleh bahan-bahan kimia yang mungkin berbahaya untuk bayi. ASI juga lebih ekonomis karena gratis dan kualitasnya dijamin bagus.
4. Mencegah infeksi usus
Manfaat ASI eksklusif pada bayi selanjutnya yaitu dapat mencegah infeksi usus pada bayi. Sistem pencernaan bayi masih sangat rentan, karenanya tidak semua susu formula cocok dengan kondisi tubuh bayi, susu yang paling cocok untuk bayi adalah ASI. ASI bisa mencegah infeksi yang mungkin terjadi di usus pada bayi, karena ASI memberikan sistem imun alami pada bayi.
5. Membuat Ibu lebih sehat
Tidak hanya bermanfaat untuk bayi saja, ibu juga mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa dari pemberian ASI pada anak. Manfaat ASI bagi Ibu dan anak yaitu dapat membuat Ibu lebih sehat. Tidak hanya itu, hubungan antara ibu dan anak bisa terjalin dengan baik melalui pemberian ASI.
6. Mengurangi risiko kanker ovarium
Manfaat berikutnya adalah dapat mengurangi risiko terkena kanker ovarium. Hingga saat ini banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk mengamati hubungan antara infertilitas dan tidak menyusui. Hasilnya pun mengejutkan, yaitu seorang ibu yang tisak menyusui dapat meningkatkan risiko kanker, baik kanker ovarium.
Banyak sekali bukan manfaat ASI eksklusif untuk kesehatan bayi dan juga ibu? Jangan ragu lagi untuk memberikan ASI pada bayi Anda. Jika memang Anda sibuk sebagai wanita karir bisa menyiasatinya dengan memberikan ASI lewat botol. Maksudnya sebelum Anda berangkat kerja, Anda sudah menyiapkan ASI untuk anak Anda.
Jika sibuk bekerja dan tidak sempat menyusui secara langsung ASI ini bisa disimpan di freezer dan ketika akan diberikan bisa dihangatkan. Selain dengan cara itu, Anda juga bisa memanfaatkan jasa pengantar ASI yang sekarang ini banyak ada di kota-kota besar. Ingat, jangan sampai tidak memberikan ASI pada bayi, minimal berikan ASI selama 24 bulan atau 2 tahun.
Share this article

2 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top